Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober 24, 2010

Mengkaji Ulang Akuntabilitas Media

Keberadaan media sebagai sebuah entitas, perusahaan, dan lembaga tidak akan pernah lepas dari urusan akuntabilitas. Secara sederhana, akuntabilitas bisa diartikan sebagai pertanggungjawaban.  Namun penjabaran dari akuntabilitas media itu sendiri menjadi kajian yang agak rumit ketika media harus dihadapkan pada aspek demokratisasi, hak publik, peraturan hukum yang berlaku di suatu negara, kode etik profesional, serta kepentingan pasar. Dari sinilah muncul pertanyaan, kepada siapa media harus bertanggungjawab atas segala aktivitas pemberitaannya? Dalam mengkaji akuntabilitas media ini, McQuail mengajukan empat kerangka yang bisa dijadikan pijakan berpikir bagi para pengelola media massa. Pertama, the frame of law and regulation . Kedua, the market frame . Ketiga, the frame of public responsibility . Keempat, the frame of profesional responsibility . Pada kerangka pertama, yakni hukum dan regulasi, keberadaan perusahaan media baik cetak maupun elektronik diatur secara pasti oleh...