Langsung ke konten utama

Teknik Menulis Press Release


Menulis kini menjadi kegiatan penting bagi hampir semua orang. Terlebih bagi orang-orang yang berprofesi sebagai public relations (PR) atau humas, baik di lembaga pemerintah maupun perusahaan swasta.

Melalui tulisan, diseminasi atau penyebaran informasi bisa dilakukan. Dengan begitu, informasi yang dihadirkan bisa segera diketahui oleh banyak orang melalui saluran atau medium yang biasa digunakan.

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, PR atau humas diharuskan akrab dengan kegiatan menulis. Menulis ini merupakan bagian dari kegiatan mengemas informasi yang relevan untuk disampaikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Untuk kalangan media, biasanya informasi resmi dari sebuah lembaga disajikan dalam bentuk siara pers atau biasa disebut dengan press release.

Agar informasi yang disampaikan dalam siaran pers tersebut mudah dipahami, tidak menimbulkan salah tafsir atau pengertian, dan bisa dipertanggungjawabkan, maka orang yang bertugas untuk menyusun siaran pers ini harus memiliki kapasitas khusus dalam hal menulis untuk media. Kapasitas menulis ini bisa dilatih dari waktu ke waktu. Bagi yang tidak punya banyak waktu untuk belajar, ada sejumlah panduan yang bisa dijadikan acuan jika hendak menulis siaran pers atau press release.

Menurut Soemirat dan Ardianto (2004) press release adalah informasi dalam bentuk berita yang dibuat oleh Public Relations (PR) suatu organisasi atau perusahaan yang disampaikan kepada pengelola pers atau redaksi media guna dipublikasikan. Bila mengacu pada definisi ini maka materi yang disajikan dalam press release sebenarnya tidak berbeda jauh dengan berita. Begitu juga teknis penulisannya. Menulis siaran pers sebenarnya tidak berbeda jauh dengan menulis berita. Untuk itulah, sebelum menulis press release, ada sejumlah hal yang harus diketahui oleh penulis, yakni:

  • Menguasai materi yang ingin disampaikan
  • Menguasai teknis penulisan
  • Mengerti nilai berita


Dalam menulis siaran pers, rumus utama yang harus selalu ada yaitu 5 W + 1 H. 5 W yang dimaksud ini adalah: what, when, where, who, dan why. Adapun H yang dimaksud adalah how. Jadi, pada saat hendak menginformasikan sesuatu dalam bentuk tulisan, penulis harus bisa memastikan terlebih dahulu apa yang hendak ditulis. Apa pesan utamanya dan apa judul tulisannya. Selanjutnya, tulisan dilengkapi dengan informasi pendukung tentang lokasi (di mana), waktu (kapan), serta narasumber (siapa). Khusus tentang penentuan narasumber ini, penulis press release dituntut untuk jeli.

Narasumber yang dicantumkan dalam press release bisa atas nama lembaga dan bisa juga pejabat yang akan ditunjuk memberikan keterangan pada saat jumpa pers diselenggarakan. Untuk kepentingan praktis, penyebutan dua narasumber dalam satu siaran pers boleh saja dilakukan.

Hal yang tak kalah penting dalam menulis press release adalah penjelasan tentang alasan (why). Press release biasanya berisi informasi seputar pemberitahuan hal-hal terbaru yang hendak dijelaskan oleh suatu organisasi. Hal terbaru ini bisa terkait dengan kebijakan, rencana tindak, koreksi atas informasi yang sebelumnya sudah beredar, klarifikasi atas isu atau berita, hingga sekadar mengenalkan suatu produk atau program baru. Nah, informasi yang disajikan kepada pers akan terasa hambar jika materi tulisan tidak menjelaskan aspek why. Sebab, aspek inilah yang biasanya ditunggu oleh para pekerja media yang akan mengikuti jumpa pers.

Untuk menghasilkan press release yang layak muat, sebaiknya press release ditulis tak ubahnya sebuah berita langsung sebagaimana yang banyak dipraktikkan oleh wartawan. Gaya menulis berita langsung atau straight news ini merupakan gaya menulis dengan piramida terbalik (inverted pyramid). Disebut demikian, karena susunan tulisannya menempatkan informasi utama atau paling penting di awal tulisan. Dengan cara ini, diasumsikan pembaca sudah mampu mengetahui isi press release secara keseluruhan meskipun hanya membaca paragraf pertamanya. Susunan tulisan dalam press release merupakan piramida terbalik. Secara berurutan, penyajian tulisan dalam press release adalah berurutan dimulai dari: judul, lead 1 (awalan berita), lead 2, penjabaran isi materi, latar berita, dan kemudian ditutup dengan rangkuman.

Mengacu pada bagan di atas, materi informasi yang dirumuskan dengan 5 W + 1 H harus dipaparkan pada blok utama informasi. Ini bertujuan agar tulisan tersebut mendapatkan perhatian maksimal dari pembaca. Guna menarik perhatian pembaca, pilihlah lead atau awalan berita yang menarik. Untuk penulisan press release, lead sebaiknya berita hal terbaru yang hendak disampaikan oleh organisasi bersangkutan. Lead tak ubahnya sebuah kail atau pancingan. Dengan lead yang baik, maka pembaca akan terpancing untuk membaca paragraf pertama, kedua, ketiga, dan selanjutnya. Karenanya, lead mempunyai 2 (dua) tujuan utama yaitu:


  1. Menarik pembaca untuk mengikuti materi informasi yang disajikan
  2. Membuka dan membuat jalan agar informasi bisa tersaji dengan lancar


Dari sekian jenis lead untuk penulisan berita, setidaknya ada 1 jenis lead yang bisa dipakai untuk menulis press release yakni lead ringkasan. Lead ringkasan ini sama dengan lead yang biasa dipakai untuk menulis berita keras (hard news). Dengan lead jenis ini, yang ditulis cukup inti informasinya dan selanjutnya keputusan untuk membaca informasi tersebut secara utuh ada di tangan pembaca. Lead jenis ini biasanya digunakan pada saat materi informasinya kuat dan menarik sehingga pembaca akan langsung tergerak untuk membaca materi secara utuh. Contohnya adalah sebagai berikut:

Kementerian Komunikasi dan Informatika akan memperketat pemblokiran situs porno mulai 1 Mei 2011 mendatang. Kebijakan ini diambil karena masih ada sejumlah situs porno yang masih bisa diakses pengguna internet di Indonesia.

Varian Press Release
Untuk kepentingan praktisnya, press release memiliki sejumlah varian yakni:

Release Penelitian
Dikeluarkan pada saat hendak mengumumkan hasil penelitian. Agar pemahaman pembaca optimal, release jenis ini harus dilengkapi dengan press kit yang berisi: laporan penelitian, intisari hasil penelitian maksimal 2 halaman, 2-3 foto, serta komentar ahli yang dinilai memiliki kompetensi.

Release Reaksi
Release ini merupakan cara jitu untuk memblow-up isu di media massa. Release jenis ini biasanya sangat singkat dan disebarkan ketika berita baru mulai berkembang dan informasinya berisi reaksi lembaga yang bersangkutan.

Release Kegiatan Event
Release ini berisi informasi yang singkat dan padat mengenai apa dan mengapa aksi atau event dilakukan.

Wildan Hakim
Sub Proffesional Mass Communication for PR, KMP PNPM Mandiri Perkotaan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Salon Kecantikan Terbaik untuk Perempuan: Layanan Gunting, Cuci Rambut, dan Lebih Banyak Lagi

Perempuan berhak merawat rambutnya agar tampil cantik Dalam dunia yang semakin sibuk ini, setiap perempuan berhak untuk merasa cantik dan percaya diri. Salah satu cara untuk mencapai itu adalah dengan merawat rambut di salon kecantikan yang profesional. Di salon kami, kami menawarkan berbagai layanan yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan kecantikan perempuan, termasuk gunting, cuci rambut, blow, coloring, smoothing, dan hair mask. Layanan Unggulan Kami 1. Gunting Rambut Gunting rambut adalah langkah pertama untuk mendapatkan penampilan yang segar. Tim stylist kami yang berpengalaman siap membantu Anda menemukan gaya rambut yang paling sesuai dengan bentuk wajah dan kepribadian Anda. 2. Cuci Rambut Setelah gunting, cuci rambut adalah langkah penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut. Kami menggunakan produk berkualitas tinggi yang dapat memberikan kelembapan dan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut Anda. 3. Blow Layanan blow kami akan memberikan sentuhan akhir yang s...

Layanan Make Up Artist Terjangkau di Pasar Rebo, Jakarta Timur

Layanan Make Up Artist Terjangkau di Pasar Rebo, Jakarta Timur Apakah Anda sedang mencari layanan make up artist yang terjangkau dan berkualitas di wilayah Pasar Rebo, Jakarta Timur? Kami hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda! Dengan harga yang bersahabat, kami menawarkan layanan make up khusus untuk perempuan yang ingin tampil cantik dan percaya diri di berbagai acara. Kenapa Memilih Layanan Kami? Harga Terjangkau : Kami memahami bahwa setiap perempuan ingin tampil cantik tanpa harus menguras kantong. Dengan harga yang kompetitif, Anda bisa mendapatkan layanan make up profesional tanpa merasa terbebani. Kualitas Profesional : Tim make up artist kami terdiri dari para profesional yang berpengalaman di bidangnya. Kami menggunakan produk berkualitas tinggi untuk memastikan hasil make up yang tahan lama dan sesuai dengan keinginan Anda. Layanan Khusus untuk Perempuan : Kami fokus pada kebutuhan perempuan, mulai dari make up untuk acara pernikahan, pesta, hingga make up sehari-hari. Kami sia...

Membangun Citra yang Unggul Bagian ke-1

Menjual produk tak ubahnya menawarkan sebuah karya seni. Karya seni menawarkan citra tertentu bagi para penikmatnya. Karena image yang melekat di dalamnya, karya seni menjadi menarik untuk dilihat sekaligus dinikmati.  Hal serupa juga terjadi saat menawarkan, menjajakan dan memasarkan produk. Dalam arus modernitas seperti yang terjadi sekarang, citra sebuah produk seringkali dikaitkan dengan feeling alias perasaan. Siapa saja yang bisa menggaet feeling khalayak, maka dia berhasil menanamkan image suatu produk di benak konsumen dan calon konsumen.  Kenapa citra menjadi penting? Citra yang melekat para brand merupakan tahap lanjutan untuk terus mendekatkan produk dengan konsumennya. Agar konsumen loyal terhadap sebuah produk, konsumen tidak cukup jika hanya mengenal brand dan kegunaan produk.  Citra harus bisa dilekatkan dalam memasarkan produk. Citra yang kuat dan pas pada sebuah produk akan mengajarkan kepada konsumen untuk mengaitkan sebuah produk dengan perasaan tert...